Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2022 - 2023 dan Pembahasan
Soal Latihan Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2022-2023 dan Pembahasan. Madrasah Tsanawiyah (MTS) merupakan jenjang pendidikan setara Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan umum Madrasah Tsanawiyah, yakni menjadi seorang muslim yang bertakwa dan berakhlak mulia, menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya serta memiliki pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang lebih luas serta sikap yang di perlukan untuk melanjutkan pelajaran ke Madrasah Aliyah atau sekolah lanjutan atas lainnya, atau untuk dapat berbakti dalam masyarakat sambil mengembangkan diri guna mencapai kebahagiaan dunia akhirat.
Di dalam UU No. 20/2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung-jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salah satu bidang studi
yang harus dipelajari oleh peserta didik di Madrasah adalah Pendidikan Agama
Islam yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Islam di Madrasah
Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu Al-Qur’an Hadist, Akidah
Akhlak, Fikih dan Tarikh (Sejarah) Kebudayaan Islam. Masing-masing mata
pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, mengisi dan melengkapi.
Al-Qur’an-Hadist merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan
sumber akidah akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehinggba kajiannya
berada disetiap unsur tersebut. Akidah (ushuluddin) atau keimanan merupakan
akar atau pokok agama. Syari’ah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik
tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah
(keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan)
yang mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT dan sesama manisia dengan
manusia atau makhluk lainnya.
Akhlak merupakan aspek hidup atau
kepribadian hidup manusia dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur
hubungan manusia dengan Allah SWT (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia
dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian
hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial,
pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan dan
lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sedangkan tarikh (sejarah)
kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari
masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak
serta mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh akidah.
PAI (Pendidikan Agama Islam) di
Madrasah Tsanawiyah yang terdiri dari empat mata pelajaran tersebut memiliki
karakteristi tersendiri. Al-Qur’an-Hadist menekankan pada kemampuan baca-tulis
yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual dan
kontekstual serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek
akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan
yang benar serta menghayati nilai-nilai al-asma ‘al-husna.
Aspek akhlak menekankan pada
pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam
kehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan kepada kemampuan melaksanakan
ibadah dan muamalah yang baik dan benar. Sedangkan aspek tarikh dan kebudayaan
Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa
bersejarah Islam, meneladani tokoh-tokoh berprestasi dan mengaitkannya dengan
fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan lain-lain untuk
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Mata pelajaran akidah akhlak pada
Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang merupakan
peningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik di
Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara
mempelajari tentang Rukun Iman mulai dari iman kepada Allah,
malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rosul-rosul-Nya, hari akhir sampai iman
kepada Qadla dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta
pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna dengan mewujudkan
ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan
sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam
kehidupan sehari-hari.
Penyusunan SKL (Standar Kompetensi
Kelulusan), SK (Standar Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar) mata pelajaran
akidah akhlak diMadrasah Tsanawiyah ini dilakukan dengan cara me-review
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Kelulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
(SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, terutama pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMP/MTs serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 Tanggal 01 Agustus 2006 tentang Pelaksanaan Standar
Isi yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan
danmengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
Soal Latihan Asesmen
Kompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2022-2023 dan Pembahasan. Asesmen kompetensi guru Madrasah Tsanawiyah adalah kegiatan untuk mengukut
tingkat kemampuan guru-guru MTS terkait kompetensi yang dipersyaratkan sebagai
guru. Secara sederhana dapat diungkapkan bahwa guru MTS adalah yang mampu
menjalankan fungsi dan tugasnya menurut kriteria tertentu yang ditetapkan oleh
pemerintah. Menurut UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; seorang guru
profesional harus memiliki empat kompetensi dasar dalam pendidikan. Empat
kompetensi dasar guru MTS adalah kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan
kompetensi kepribadian. Kompetensi profesional adalah kemampuan seorang guru
dalam mengelola proses belajar mengajar. Kemampuan mengelola pembelajaran
didukung oleh pengelolaan kelas, penguasaan materi belajar, strategi mengajar
dan penggunaan media belajar. Kompetensi pedagogik berkaitan erat dengan
kemampuan guru dalam memahami proses pembelajaran. Pembelajaran yang
berlangsung di ruang kelas bersifat dinamis. Ini dapat terjadi karena
komunikasi atau interaksi timbal balik antara guru dengan siswa dan siswa
dengan siswa. Keberagaman siswa didalam kelas juga akan memerlukan keterampilan
seorang guru dalam mendisain program pembelajaran. Kompetensi sosial adalah
kemampuan guru sebagai pendidik untuk berkomunikasi dan berinteraksi yang baik
dengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial ini
dapat dilihat melalui pergaulan sosial guru dengan siswa, rekan sesama guru
maupun dengan masyarakat dimana ia berada. Sedangkan kompetensi Kepribadian
menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Guru yang patut ditiru merupakan
filosofi yang menunjukkan kemampuan kepribadian. Ditiru karena guru diyakini
mempunyai ilmu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup siswanya. Seorang guru
ditiru karena pada diri guru terdapat sikap dan pribadi yang baik.
Latihan Soal Asesmen
Kompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2022-2023 dan Pembahasan terkait pengukuran atau penilaian tentang kompetensi yang dipersyaratkan sebagai guru terutama kompetensi profesional
dan kompetensi pedagogik. Hal ini disebabkan Indikator Soal Asesmen
Kompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2022-2023 hanya akan menguji masalah pedagogik dan profesionalisme guru.
Soal
Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2022-2023 dan Pembahasan. Pada tahun 2022-2023, kemenag akan menyelenggarakan Asesmen
Kompetensi Guru AKG Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pelaksanaan Asesmen Kompetensi
Guru AKG Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) didasarkan Undang–Undang Republik Indonesia
Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional
adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber
penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi
standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan
dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kondisi yang berbeda
yang dialami oleh guru, mengakibatkan timbulnya berbagai kendala dalam penguasaan
kompetensi yang disyaratkan. Oleh karena itu, ada dua skema yang akan dilakukan
oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah untuk mengukur profesionalisme
guru, kepala dan pengawas madrasah yakni secara akademis dan non akademis. Pengukuran
akademis dilakukan secara rutin setiap tahun yaitu dengan menyelenggarakan Asesmen
Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi
Pengawas (AKP).
Kementerian Agama merupakan salah satu Kementerian yang berperan penting
dalam dalam pencapaian target pembangunan pendidikan nasional. Sebagai bagian dari
sistem pendidikan nasional, Kementerian Agama menyelenggarakan layanan
pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu Madrasah
Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).
Salah satu prioritas Rencana Strategis Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan
Islam dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajara
melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah.
Peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah dilaksanakan
melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Fokus
program tersebut dilakukan di kelompok kerja terdekat yaitu melalui kegiatan dalam
Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru
Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM), dan Kelompok
Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah.
Salah satu langkah awal sebelum melakukan Program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah tersedianya baseline
pemetaan kompetensi Guru dan Tendik madrasah. Baseline data pemetaan kompetensi
tersebut dapat dilakukan melalui Asesemen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas
Madrasah.
Bentuk dukungan pemerintah terhadap Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah melalui implementasi
proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of
Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality
Reform) – yang disingkat RealEdPro atau MEQR, yaitu sebuah program investasi
SDM yang dikembangkan Kementerian Agama yang sumber pendanaannya melalui Pinjaman
Luar Negeri Bank Dunia (IBRD Loan No.8992-ID) dari tahun 2022-2023 sampai dengan
2024.
Berikut link Latihan Soal
Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MTs Tahun 2022-2023 dan Pembahasan, semoga dapat membantu persiapan Bapa/Ibu guru yang akan
mengikuti Asesmen Kompetensi Guru. Jadi soal ini dibuat hanya sebagai bahan
latihan bagi Bapak/Ibu guru yang akan mengikuti Asesmen Kompetensi
Guru AKG MTS Tahun 2022-2023.
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Pedagodik)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Literasi)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Numerasi)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Sains)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Pedagodik)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Bahasa Inggris)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Bahasa Indonesia)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Matematika)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA-Biologi)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA-Fisika)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (BK)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Pedagodik)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA(Bahasa Inggris)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Bahasa Indonesia)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Matematika)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Biologi)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Fisika)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Kimia)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Ekonomi)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (BK)
Demikian informasi tentang Latihan Soal
Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru Madarasah Tsanawiyah (MTs) Tahun 2022-2023 dan Pembahasan. Semoga
ada manfaatnya, terima kasih.
No comments